“Bola Voli”Sistem Proliga 2008 Diubah

Sistem Proliga Bola Voli 2008 Diubah

Kamis, 21 Pebruari 2008 16:57 WIB | Olahraga | | Dibaca 1565 kali
Malang (ANTARA News) – Sistem kompetisi Sampoerna Hijau Proliga Bola Voli 2008, yang dimulai 22 Februari hingga 4 Mei 2008, berbeda dengan sistem yang diberlakukan pada tahun-tahun sebelumnya yang seluruhnya menggunakan kompetisi penuh hingga berakhirnya gelaran kompetisi.

Direktur Proliga, Hanny Surkatty, di Malang, Kamis, mengatakan bahwa putaran pertama Proliga tersebut menerapkan sistem kompetisi penuh (full competition) yang mempertemukan seluruh tim, yakni enam tim putri dan enam tim putra.

“Pada putaran pertama, kita menggunakan sistem kompetisi penuh dan selanjutnya atau untuk semifinal untuk mendapatkan tiket final, kita menerapkan `final four` seperti yang diberlakukan dalam pertandingan basket, sehingga semua tim bisa bertemu dan tim yang menjadi juara adalah tim yang benar-benar layak,” katanya.

Menurut dia, sistem baru yang menggunakan “final four” untuk pertandingan bola voli tersebut, merupakan yang pertama kalinya di kawasan Asia Tenggara, karena rata-rata masih menggunakan sistem kompetisi penuh atau setengah kompetisi.

Ia mengakui, selama lima tahun digelar secara rutin, Proliga baru diikuti oleh tim-tim yang berasal dari Pulau Jawa.

“PP PBVSI sudah mengirimkan surat ke Pengcab-pengcab maupun perusahaan yang memiliki klub bola voli di luar Jawa, namun rata-rata mereka masih belum berani menghadapi tim-tim asal Jawa yang mereka nilai cukup tangguh,” katanya menambahkan.

Pada pertengahan pertandingan dengan sistem kompetisi penuh pada putaran pertama, katanya, pihaknya juga menggelar “All Star” dan “final four” digelar digelar 26 April serta Grand Final 4 Mei 2008.

Seluruh tim yang berlaga pada putaran pertama di GOR Ken Arok Malang, 22 Februari hingga 24 Februari itu sudah datang, kecuali beberapa pemain asing khususnya dari Cina yang bakal memperkuat tim voli putri Surabaya Bank Jatim, karena masih mengikuti kompetisi di Negeri Tirai Bambu.

Ke-11 peserta Proliga 2008 tersebut adalah Surabaya Samator, Jakarta BNI Taplus, Bantul Yuso Tomkins, Jakarta P2B Sananta dan Jember Pemkab di kelompok putra dan Surabaya Bank Jatim, Gresik Petrokimia, Jakarta Electric PLN, Jakarta BNI Taplus, Jakarta Popsivo dan Bogor Paroyoga Unitas di kelompok putri.

Setelah putaran pertama digelar di GOR Ken Arok Malang, Proliga bakal dilanjutkan di Jakarta, Sleman, Bogor, Solo, Gresik dan kembali ke Malang, Jember, Jakarta, Bandung dan berakhir di Jakarta. (*)

COPYRIGHT © 2008

Tag: , ,

Satu Tanggapan to ““Bola Voli”Sistem Proliga 2008 Diubah”

  1. cubluk Says:

    Menurut saya final four gak usah. Cukup tiap tim berahadapan 3 kali dengan tim yang sama, sebagai kandang, tandang dan ditempat netral.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: