Aktivasi

Aktivasi dan gugahan mengacu kepada kesiapan psikologis seorang dalam menghadapi suatu aktivasi seperti pertandingan.Anxiety akan selalu ada tidak mungkin dihindari  dalam setiap pertandingan.Tantangan bagi setia pelatih adalah bagaimana menolong atlit untuk mengenal respon-respon anxiety,sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap situasi-situasi yang dihadapi.

Setiap atlit mempunyai cara atau teknik tersendiri dalam mempersiapkan diri secara psikologis menghadapi suatu pertandingan sesuai denagn cara kepribadiannya. Kemampuan untuk menyetel dan mengatur anxiety dan tingkat aktivasi sebelum dan selama pertandingan merupakan skill yang sangat penting guna memperoleh prestasi yang setinggi-tingginya.

Oxendine (Fouse dan Tropmann : 1981)mengatakan bahwa mengubah bahwa mengubah aktivasi dan gugahan ke suatu tingkat yang diinginkan membutuhkan pengertian dalam beberapa prinsip dasar psikologi secara keterampilan dalam menggunakan teknik-teknik tertentu. Beberapa teknik untuk menaikkan tingkat aktivitas dalam kegiatan motorik seperti : memberikan tantangan, hukuman, hadiah, musik, dsb. Pelatih juga harus sadar teknik yang bermaksud untuk menggugah semua atlit disatu pihak dapat menaikkan tingkat prestasi beberapa atlit, akan tetapi dilain pihak dapat menurunkan prestasi atlit-atlit lainnya.

Oxendine (Fouse dan Tropman: 1981) juga mengatakan bahwa :

  1. Tingkat arausal atau aktivitas yang tinggi penting untuk aktivasi-aktivasi yang menuntut kekuatan. Misalnya ; tinju, gulat, angkat besi, dll.
  2. Tingkat arausal yang tinggi mengganggu aktivasi yang berisi ketrampilan-ketrampilan yang kompleks (misalnya senam, koordinasi kestabilan dll)
  3. Tingkat gugahan yang sedikit lebih tinggi dari normal dianjurkan untuk semua tugas motorik.(aktivitas musik)

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: