PENGERTIAN TUNA NETRA SECARA UMUM

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, pendidik dan pemerintah atau masyarakat. Semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan termasuk anak-anak luar biasa. Yang dimaksud anak luar biasa adalah anak yang memiliki kelainan baik fisik, mental, sosial maupun emosi dan membutuhkan pelayanan pendidikan secara khusus. Melalui pendidikan, anak luar biasa diharapkan mampu hidup mandiri tanpa menggantungkan hidupnya pada orang lain. Lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak luar biasa adalah Sekolah Luar Biasa (SLB).

Menurut sherril arti yang dimaksud dengan pendidikan jasmani khusus adalah sebagai berikut: Pendidikan jasmani khusus adalah satu system penyampaian pelayanan komprehensif yang dirancang untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Pelayanan tersebut mencakup penilaian. Program pendidikan individual, pengajaran bersifat pengembangan dan atau yang disarankan, konseling, dan koordinasi dari sumber/layanan yang terkait untuk memberikan pengalaman pendidikan jasmani yang optimal kepada semua anak dan pemuda.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa pendidikan jasmani khusus adalah satu bagian khusus dalam pendidikan jasmani yang dikembangkan untuk menyediakan program bagi individu dengan kebutuhan khusus. Ada tiga program utama yang diberikan dalam perkembangan (French dan Jansma, 1982:8)

Pendidikan jasmani disesuaikan adalah pendidikan melalui program aktivitas jasmani tradisional yang dimodifikasi untuk memungkinkan individu dengan kelainan memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi dengan aman, sukses, dan memperoleh kepuasan. Sebagai contoh, individu yang penglihatannya terbatas atau yang harus berada di kursi roda untuk berpindah tempat memerlukan peraturan permainan bola voli yang dimodifikasi atau memerlukan peralatan tambahan untuk bola gelinding.

Pendidikan jasmani korektif terutama mengacu kepada perbaikan kelainan fungsi postur dan mekanika tubuh. Pendidikan jasmani perkembangan mengacu kepada satu program kesegaran jasmani yang progresif dan atau latihan otot-otot besar untuk meningkatkan kemampuan jasmani individu sampai pada tingkat atau mendekati kemampuan teman sebayanya.

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: