Berlatih Keseimbangan

Berlatih Keseimbangan

  1. 1. Sikap Lilin

Latihan ini dilakukan secara berpasangan. Seorang siswa berbaring dan menghadap ke atas. Kedua kaki di angkat lurus ke atas dan membentuk sikap lilin. Kedua tangan menahan pinggul. Kaki siswa yang melakukan sikap lilin di pegang oleh pasangannya sehingga tetap lurus ke atas. Ketika kaki di luruskan ke atas, ditahan selama beberapa detik lalu diturunkan.Lakukan secara bergantian dengan temanmu.

Gambar 4.4

Sikap lilin

Tips
Lemaskan tubuh dan aturlah napas ketika berbaring.
  1. 2. Melatih Otot Perut

Setiap siswa berbaring menghadap atas. Setelah ada aba-aba “mulai”, kedua tangan,kedua kaki, dan kepala di angkat bersamaan. Tangan dilurusksn di atas perut. Kaki dan kepala diangkat dari permukaan tanah dengan jarak sekitar 15 cm. Tahan beberapa detik, lalu turunkan tangan, kaki, dan kepala. Ulangi latihan ini sebanyak 8 kali.

Gambar 4.5

Melatih otot perut

  1. 3. Membentuk Huruf   “V”

Sikap awal duduk kaki diselonjorkan, Kedua kaki diangkat ke atas. Badan dicondongkan ke belakang. Kedua tangan saling berpegangan di belakang lutut kaki. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik. Perhatiakan gambar di bawah ini !

Gambar 4.6

Membentuk huruf “v”

  1. 4. Mengangkang Kaki

Siswa-siswa kelas dua duduk santai di lapangan. Kedua kaki diselonjorkan, tangan di samping badan. Pada aba-aba “dua”, kaki diangkat, tahan hingga 8 hitungan, posisi kaki tetap mengangkang.Pada aba-aba “tiga”, kaki kembali diturunkandan lurus.lkukan gerakan ini beberapa kali.

Gambar 4.7

Mengangkang kaki

  1. 5. Jalan Jinjit ke Depan dan ke Belakang

Hari ini para siswa kelas dua akan berlatih jalan jinjit ke depan dan ke belakang di atas garis lurus sejauh 3 meter. Ketika berjalan jinjit, tangan direntangkan setinggi bahu. Latihan ini baik untuk menjaga keseimbangan.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: