Gerak Ritmik Berpasangan

Gerak Ritmik Berpasangan

Sekarang,siswa kelas dua akan berlatih senam irama. Gerakan senam dapat dilakukan berpasangan.antara putra dan putra,putri dengan putri, atau campuran antara putra dengan putri. Senam irama dapat dilakukandengan mengguankan alat. Alat yang dipilih adalah alat yang sederhana dan mudah di peroleh.

  1. 1. Senam dengan Bendera

Alat yang diperlukan adalah bendera kecil. Setiap siswa membawa bedera kecil dua buah. Senam dengan bendera dilakukan secara berpasangan dan gerakannya harus sama. Sikap awal berdiri tegak dan kaki rapat. Bendera dipegang dengan dua tangan. Lalu, bendera digerakan sesuai irama atau aba-aba dari guru. Bendera di gerakan dengan cara diputar, diayunkan ke kanan dan ke kiri, diayun ke depan dan ke belakang, serta dilambai-lambaikan.

Gambar 7.1

Senam dengan bendera

  1. 2. Bergerak Berputar

Bergerak berputar dilakukan secara berpasangan. Sikap awal kedua siswa  saling berhadapan dan berpegangan tangan. Kemudian, keduanya berjalan berputar di tempat. Bila terdengar aba-aba “ayo”, berputarlah membalikkan badan sehingga posisi badan saling membelakangi, tangan tetap berpegangan. Pada aba-aba “kembali”, badan diputar lagi sehingga posisinya saling berhadapan. Lakuakn gerakan ini secara berulang-ulang diiringi irama yang sesuai.

Gambar 7.2

Gerak berputar

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: