Latihan Kekuatan Lengan dan Tungkai

Latihan Kekuatan Lengan dan Tungkai

  1. 1. Tarik Tambang

Siswa kelas dua dibagi menjadi menjadi beberapa kelompok. Banyaknya kelmpok harus genap. Setiap kelompok terdiri dari beberapa siswa dan diberi nama kelompok 1,2,3,4 dan seterusnya.

Pada sikap awal, Tangan kanan dan kiri memegang tambang dengan erat. Posisi kaki kuda-kuda dan agak terbuka lebar. Sewaktu manarik tambang, masing-masing kelompok harus bersama-sama mengeluarkan tenaga agar tidak kalah.  Kelompok yang tertarik sampai melewati garis batas dinyatakan kalah.

Gambar 4.1

Tarik tambang

  1. 2. Gerakan Pus Ap (Push Up)

Perhatikan gerakan di bawah ini !

Gambar 4.2

Pus ap

Sikap awal untuk melakukan gerakan push up badan tengkurap dan kedua tangan dilipat di samping badan. Kedua telapak tangan menempel pada lantai. Kedua kaki lurus ke belakang dan sedikit rapat. Kedua ujung telapak kaki menempel pada lantai.

Pada hitungan ganjil (1,3,5,7) badan di angkat, pandangan lurus ke depan. Bagi anak perempuan sewaktu badan di angkat, lutut ditempelkan ke lantai dan ujung kaki tidak di angkat.Pada hitungan (2,4,6,8) badan turun, Pandangan lurus ke depan.Lakukan latihan ini sampai 2 x 8 hitungan atau sesuai petunjuk gurumu !

  1. 3. Saling Mendorong Batang Bambu

Latian ini menggunakan alat sebatang bambu. Sikap awal berdiri berhadapan dengan seorang temanmu. Kamu dan temanmu bersama-sama memegang sebatang bambu. Lalu, lakukan saling mendorong bambu. Jika ada yang terdorong terlebih dahulu,maka dinyatakan kalah. Ketika melakukan latihan ini, berhati-hatilah jangan ada yang sampai cedera.

Gambar 4.3

Saling mendorong batang bambu

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: