430 Guru Dikirim ke Pulau-pulau Terpencil

Sebanyak 430 guru tidak tetap (GTT) di Provinsi Kepulauan Riau ditugaskan mengajar di pulau-pulau terpencil yang berada di wilayah tersebut.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan di pulau-pulau yang masih terisolasi, maka kami mengerahkan 430 guru tidak tetap untuk mengajar di sana,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Riau Arifin Nasir di Tanjungpinang, Jumat (8/1/2010).

Arifin mengemukakan, GTT yang mendapat kepercayaan mengembangkan dunia pendidikan di pulau-pulau yang jauh dari pusat keramaian itu akan memperoleh gaji lebih besar dibanding GTT yang mengajar di perkotaan.

GTT yang bertugas di pulau itu, kata dia, memperoleh gaji sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Gaji tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

“Guru yang mengajar di pulau itu membutuhkan biaya besar karena itu mereka berhak mendapatkan gaji di atas upah minimum provinsi,” ujarnya.

Arifin menambahkan, GTT juga mendapatkan pelatihan teknis sebelum mengajar di pulau. Mereka akan memberikan pola pengajaran yang berbeda dan lebih intensif kepada para pelajar yang tinggal di pulau-pulau tersebut. Para guru, lanjut dia, harus meninggalkan kebiasaan mengajar dengan pola mencatat sampai habis atau hanya duduk di depan pelajar.

“Mereka wajib menjadi guru yang aktif dalam memberikan ilmu pengetahuannya kepada siswa,” katanya.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: