PBB Temukan Tempat Penyimpanan Senjata Hibzbullah

Pasukan perdamaian PBB  di Lebanon menemukan ratusan kilogram  bahan peledak dekat perbatasan Israel, yang menurut Isreal, Kamis, ditanam para pejuang Hizbullah.

Duta besar Israel untuk PBB , Gabriela Shalev, dalam sepucuk surat kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Dewan Keamanan menuliskan bahwa pasukan pemeliharaan perdamaian PBB  di Lebanon selatan berpapasan dengan orang-orang yang mencurigakan pada 26 Desember dan kemudian menemukan lubang  yang berisikan  sekitar 330 kg bahan peledak. Shalev mengatakan bahan-bahan peledak itu mungkin diproduksi di Iran atau Suriah. Ia menambahkan tipe bahan peledak  dan bagaimana senjata itu digelar menunjukkan itu ditanam oleh Hizbullah. Shalev  tidak merinci lebih jauh  tentang bahan peledak  itu.

Para pejabat PBB di di New York tidak segera memberikan komentar mengenai berita itu.

Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1701, yang mengakhiri perang 34 hari  tahun 2006  antara Israel dan Hizbullah, melarang semua senjata tanpa izin  berada antara Sungai Litani dan Jalur Biru, perbatasan antara Israel dan Lebanon, yang diawasi PBB.

Israel mengecam operasi pasukan pemeliharaan perdamaian PBB  di Lebanon (UNIFIL) yang berkekuatan 12.000 personil karena tidak mencegah senjata-senjata itu yang menurutnya masih mengalir ke para pejuang Hizbullah. PBB mengatakan itu adalah tanggungjawab pemerintah Lebanon.

“Pemerintah Lebanon harus melakukan tindakan serius menangani gejala yang meningkat  kegiatan militer Hizbullah  khususnya di desa-desa sipil,” kata Shalev. “Israel  mengharapkan dilakukan segera penyelidikan penuh mengenai masalah ini,” katanya dan menambahkan Dewan Keamanan harus diberitahu tentang hasil penyelidikan itu secepat mungkin.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: