Presiden Wakaf Uang Rp 100 Juta

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Negara Kristiani Yudhoyono memberikan wakaf uang senilai Rp 100 juta.

Wakaf uang itu diberikan melalui lembaga syariah, yang disaksikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Tolchah Hassan, seusai mencanangkan Gerakan Nasional Wakaf Uang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/1/2010).  Dalam acara itu, hadir Menteri Agama Suryadharma Ali beserta para pemangku kepentingan terkait dengan lembaga syariah.

Seusai memberikan wakaf uang dan menerima bukti setoran serta sertifikat wakaf uang dari BWI, Presiden berharap wakaf itu bisa dimanfaatkan bagi peningkatan kesejahtaraan umat, dakwah dan syiar Islam.

“Saya menyambut baik terobosan BWI untuk wakaf uang. Ini tafsir yang sangat luas mengingat wakaf semula dikenal hanya untuk barang seperti tanah. Diharapkan dengan wakaf uang, akan semakin banyak masyarakat yang melaksanakan wakaf, yang dapat digunakan untuk ekonomi produktif bagi kemaslahatan umat,” kata Presiden.

Tolchah mengakui masyarakat Islam di Indonesia selama ini masih mengenal wakaf dalam bentuk barang seperti tanah dan masjid. Padahal di Sudan dan Bangladesh, justru sudah ada bank wakaf. Bahkan di Kuwait dan Qatar, umat dapat langsung mewakafkan uangnya lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di negeri tersebut.

Diharapkan Presiden, pengelolaan wakaf uang dilakukan dengan transparan dan bertanggungjawab. “Saya meminta Menteri Agama melakukan penataan dan bantuan melalui BWI. Tingkatkan koordinasi, sinergi dan integ rasi, serta fasilitasi dan lakukan audit yang independen,” kata Presiden.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: