Kombinasi Gerak Jalan, Lari, dan Lompat

Kombinasi Gerak Jalan, Lari, dan Lompat

  1. 1. Mengelilingi Bintang

Di lapangan ditancapkan bendera- bendera bernomor yang membentuk gambar bitang. Pak guru memberi contoh dengan berlari deri bendera nomor satu ke nomor dua. Pak guru kemudian berlari cepat menuju bendera nomor tiga, empat, lima, enam, tujuh dan nomor delapan.

Gambar 1.11

Berlari mengelilingi bintang

  1. 2. Masuk ke Lingkaran

Dilapangan telah disediakan tiga lingkaran besar yang di beri nomor satu, dua dan tiga. Pada aba- aba  “satu”, para siswa melompat lompat masuk kedalam lingkaran satu. Pada aba- aba “dua”, para siswa berlari kedalam lingkaran dua.Pada aba- aba “tiga”, parasiwa berjalan cerpat masuk kedalam lingkaran tiga. Aba- aba dari pak guru dapat di selang- seling.

Gambar 1.12

Masuk ke lingkaran

  1. 3. Permainan Saputangan.

Sekarang, siswa- siswa dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok berpegangn tangan dan membentuk lingkaran. Setelah itu, lepas tangan dan duduk.

Seorang siswa dari setiap kelom pok berjalan mengelilingi lingkaran kelompoknya.

Sambil berkeliling ia membawa sapu tangan. Saputangan itu disentuhkan kepala teman- temannya yang duduk. Para siswa yang duduk menyanyi lagu “Saputangan”.

Saputangan tek- tek- tek

Kubikin dari kain

Bagusnya bukan main

Siapa yang belum punya harus

mengejar saya

Saat nyayian habis, siswa terahiryang   tersentuh saputangan harus mengejar para saputangan. Pembawa saputangan harus berlari meengelilingi lingkaran dan menempati tempat yang kosong.

Jika ia tertengkap sebelum duduk di tempat kosong, ia harus jadi pembawa saputangan.

Gambar 1.13

Permainan saputangan

  1. 4. Berjalan dan Berlari Berbalik arah

Para siswa berbaris rapi di garis start.pada aba- aba “ya”, segera berjalan ke garis tengah. Kemudian, berjalan cepat menuju garis finish. Lalu, kembali ke garis start dengan berlari.

Gambar 1.14

Berjalan dan berlari berbalik arah

  1. 5. Berlatih Melakukan Start Jongkok

Siswa dua berbaris lima deret dibelakang garis start dengan posisi jongkok.Kaki kiri di depan.Kaki kanan di belakang.Ketika ada aba-aba “bersedia”, lutut kaki kanan diletakkan di tanah, di samping tumit kaki kiri.Posisi tangan selebar bahu,lurus di samping kaki, pandangan diarahkan ke depan.

Pada aba-aba “siap”, lutut kaki kanan di angkat.Kepala, punggung, dan pantat lurus mendatar.Pandangan diarahkan ke depan.Saat ada aba-aba “ya”, segera lari secepat-cepatnya.Sebelum memasuki garis finish,badan dibusungkan ke depan, tetapi kecepatan lari tidak dikurangi.

Gambar 1.15

Berlatih start jongkok

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: